Kamis, 17 Februari 2011

Program Untuk Birena

Selama satu tahun menjadi pengurus Birena, saya menemukan banyak hal baru yang sebelumnya belum pernah saya temui. Menurut saya, Birena adalah ladang dakwah yang mulia. Alasan pertama, Birena memiliki tujuan yang mulia, yaitu mendidik anak – anak dan remaja agar mereka mengenal Islam lebih dalam. Kedua, Birena adalah bagian dari LDK Al Hurriyyah yang benar – benar membutuhkan keistiqamahan tinggi daripada departemen lainnya. Hal inilah yang bisa melatih kita untuk menjaga keistiqamahan. Selain itu, ada suatu kebahagiaan lain di Birena. Birena selalu mengadakan program bimbingan setiap minggu dan sebagai pengurus kita tidak perlu mencari peserta untuk dibimbing. Begitu banyak anak – anak dan remaja yang datang untuk menimba ilmu dari kita. Di sinilah kita akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri agar bisa memberikan yang terbaik untuk adik – adik.
Segala sesuatu tidak lepas dari kekurangan. Secara keseluruhan sistem mengajar di Birena sudah baik. Tetai tidak da salahnya jika kia melakukan perbaikan. Saya memiliki beberapa inovasi untuk Birena ke depannya :
1. Menciptakan kondisi kelas yang nyaman
Perwujudannya bisa dilakukan dengan membersihkan kelas dan merapikan barang – barang di kelas. Arsip – arsip yang memang sudah tidak dibutuhkan lagi bisa disimpan di dalam kardus dan disimpan secara rapi. Renovasi kelas juga perlu dilakukan agar pengurus dan adik – adik betah di kelas. Salah satu caranya adalah menghias dan mengecat ulang ruang kelas serta membeli alat – alat baru untuk mengganti yang sudah rusak.
2. Upgrading pengurus
Upgrading ditujukan untuk meningkatkan kualitas input pengurus dan meluruskan niat kembali untuk selalu berkontribusi di Birena. Hal ini dilakukan karena tidak menutup kemungkinan pengurus merasa jenuh dalam menjalankan tugasnya terkait dengan amanah – amanah lain dan masalah pribadi yang dialami. Selain itu dalam upgrading juga bisa diisi pelatihan agar pengurus bisa menyampaikan materi dengan menarik kepada adik – adik.
3. Penguatan ukhuwah pengurus
Mabit dan rihlah adalah salah satu cara utuk meningkatkan ukhuwah antarpengurus. Jika ukhuwah telah terbentuk maka kerja sama juga lebih mudah dilakukan, kepedulian antarpegurus akan tercipta, dan tumbuh rasa persaudaraan.
4. Memperbaiki kurikulum
Membuat presensi untuk pengurus dan adik. Jika ada pengurus yang tidak bisa hadir diharap membuat surat izin yang bisa dititipkan kepada pengurus lain yang hadir untuk arsip dan kejelasan serta mencegah adanya su’udzan terhadap pengurus yang tidak hadir tersebut. Kurikulum belajar adik – adik juga harus diperbaiki dan diperbarui secara teratur dan sistematis. Artinya, materi yang disampaikan kepada adik memiliki tingkatan yang semakin tinggi di tiap minggunya agarkapasitas adik bertambah.
5. Menjalin hubungan kerja dengan penerbit
Salah satu acara di Birena adalah reding time yang bertujuan meningkatkan minat baca adik. Jika buku – buku di perpustakaan diperbarui, minat baca adik akan bertambah karena pasti ada adik yang merasa bosan jika di perpustakaan hanya tersedia buku yang sama setiap harinya. Keuntungannya jika kita melakukan kerja sama dengan penerbit adalah bisa mendapatkan potongan harga dan bisa mendapat pasokan buku atau majalah anak – anak secara berkala. Kita juga bisa meminjamkan buku – buku di perpus untuk dibawa pulang adik – adik supaya lebih bermanfaat. Untuk pengembangan perpustakaan, perlu juga dibuat PJ perpus untuk mengatur segala mekanisme buku termasuk peminjaman.
6. Birena Product
Pembinaan kreativitas bisa dilakukan dengan membimbing adik – adik untuk menciptakan suatu produk. Di sini kita bisa melatih adik –adik untuk berkarya dan mencari penghasilan sendiri. Produk tersebut bisa dijual di BookStore atau dijual adik – adik di tempat mereka tinggal. Cara ini bisa sekaligus menjadi cara untuk membuat anak(non-Birena) tertarik masuk ke Birena.
7. Ekskul Birena
Membuat daftar – daftar ekstrakurikuler untuk adik – adik sesuai dengan minat dan bakatnya. Ekskul ini disesuaikan dengan output yang ingin dicapai oleh Birena. Ekskul ini juga berguna untuk menyiapkan adik dalam kompetisi – kompetisi yang ada. Pembinaan secara kontinu akan memberi hasil yang optimal daripada pembinaan ketika akan menghadapi kompetisi.
8. AMT adik
AMT ini bertujuan untuk memotivasi adik dan memunculkan sikap berani pada adik sehingga semua adik bisa memiliki jiwa kritis dan respon yang tinggi terhadap sesuatu. Misalnya, jika ada seorang pembin yang minta pendapat, mereka tidak hanya diam, tetapi memberi respon positif. Tentunya hal ii tidak hanya beguna di Birena saja. Tetapi juga berguna di tempat adik sekolah dan bersosialisasi.
9. Rihlah adik
Rihlah ini ditujukan untuk refreshing adik – adik. Salah satu kendala yang dihadapi untuk rihlah adalah biaya. Untuk mengatasinya, pengurus bisa memperbanyak mencari donatur.
10. Ujian Umum
Ujian ini ditujukan untuk peningkatan level adik – adik. Harapannya dengan adanya ujian, adik – adik lebih bersemangat belajar. Dari sini kita bisa memberikan apresiasi kepada adik terbaik untuk setiap tahunnya. Ujian ini juga bisa menjadi evaluasi bagi para pembina terhadap presentase keberhasilan mengajar. Jika adik banyak yang mengerti dan lulus ujian, berarti pembina sudah bisa menyampaikan materi dengan baik. Kegiatan AMT cocok dilaksanakan sebelum ujian. Untuk mendukung ujian ini, selama belajar mengajar perlu disiapkan modul untuk adik. (evaluasi : selama kegiatan Biru kebanyakan adik mencatat sehingga kurang memperhatikan dan meresapi materi)

2 komentar: