Sabtu, 19 Maret 2011

AISYAH DAN USWAH

Aisyah, itulah namanya. Jika dilihat dari namanya mungkin yang kita pikirin adalah salah satu istri Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Tetapi yang akan diungkap kisahnya kali ini bukanlah beliau. Semoga aja gadis kecil ini nantinya bisa menjadi cermin sifat Aisyah sesungguhnya. Untuk yang kedua, namanya Uswah si gadis imut yang penurut. Semoga kelak bisa jadi suri tauladan yang baik. Amiin.

Inilah sepenggal kisahnya di hari Ahad, tepatnya saat mereka ngaji bareng di Birena (Bimbingan Remaja dan Anak – Anak), tempat bimbingan anak yatim dan dhuafa (walaupun ga semuanya). Kelas dimulai dengan reading time dimana anak – anak diberi kesempatan untuk membaca dan sebagian ada yang dibacakan oleh kakak pengajar, termasuk aku. Trus dilanjutin circle time, yaitu pembinaan tata cara ibadah (shalat) dan do’a pagi bersama. Hemm, pas raja siang udah tampak, dimulailah senam pagi. Dubidubida!!! adik – adik sangat bersemangat, terutama Aisyah. Gadis cilik berusia 7 tahun ini dengan beraninya tampil di depan dengan kakak instruktur. Dia bergerak dengan lincahnya. Gag disangka hujan pun turun,untung aja senamnya udah selesai. Sesi berikutnya yang seharusnya berkebun dilanjutkan dengan Bimbingan Ruhaniyah (Biru) mengingat kondisi yang gag memungkinkan.

Saat Biru, aku mimbrung aja di kelas satu dua dengan kakak senior yang emang wali kelas mereka, maklum aku masih magang selama tiga bulan.hehe. Aisyah mulai bandel nih disini. Senior dan lima adik lain termasuk Uswah udah milih tempat di pojok aula. Tapi, si Aisyah ini ngotot mau di serambi aula. Parahnya yang ditarik – tarik itu aku, ckck. Akhirnya dengan segala bujuk rayu, si gadis manja ini berhasil kutaklukkin. Dimulailah Biru dengan kisah “Jangan Sepelekan Kaum Lemah”. Kakak senior nyuruh para adik buat dengerin cerita itu dan nulis hikmahnya di kertas. Aisyah protes, “ Gag mau ah Teh, males nulis, ga bawa alat tulis”. Dia meluk tasnya dan ngotot dengan macem – macem alesan. Trus, saat yang lain duduk rapi buat dengerin cerita,diatiduran di lantaisambil terus meluk tasnya. Akhirnya, kubiarkan saja sampe dia nurutin perintah si kakak dengan sendirinya. Eh, udah bangun malah ganti nyandar di pangkuanku(hemm ni anak maunya apa cii?). Saat nulis, ternyata adik – adik belum ngerti buat nulisin hikmah cerita, digantilah dengan pertanyaan. Tak disangka semua jawaban yang ditulis Aisyah benar. Anak ini emang bener – bener cerdas. Tapi sayang, dia anak yang mau menang sendiri dan manja banget. Beda banget ma Uswah yang ngikutin Biru dengan tertib. Ia pun ga kalah pinter ma Aisyah.

Teng Teng Teng!! Saatya istirahat deh. Aku seperti dipermainkan anak kecil, hikz. Si manja minta aku boncengin naik sepeda. Yaudah kuturuti aja berhubung aku orangnya gag tegaan dan penyayang anak kecil,hohoo. Pas main sepeda,aku mulai tanya-tanya soal keluarganya. Ternyata keluarganya masih lengkap, bahkan ia punya kakak yang ikut Birena juga. Kakaknya, sebut saja Citra udah SMP. Aisyah bilang kalau dia gag pernah pergi bareng kakaknya, tapi malah bareng tetangganya soalnya kakaknya suka marah – marah. Dalam benakku berpikir,” Kalau dua anak dengan sifat yang sama seperti ini bareng pastilah akan ada perang dunia”. Lagi asyik maen sepeda, eh tiba – tiba galaknya muncul. Dia mintanaek sepeda sendiri. Aku khawatir kalau kenapa – napa.Pertama, dia adalah amanah dan sepeda pun milik orang lain. Karena dia marah – marah, akhirnya aku kasih sepedanya. Pas mau berhenti, dia ga bisa ngerem dan hampir nabrak salah satu senior. Dia marah bukan maen nyalahin kakak itu. Waduwh ni anak. Paraah!!

Uswah ngeliat aku bonceng Aisyah. Dia minta gantian dibonceng. Aku sih oke – oke aja. Tapi Aisyah ngebentak dan bilang, “Gag boleh!”. Apa boleh buat, akhirnya Uswah pergi dengan perasaan kecewa. Aku ngrasa kasihan, tapi Aisyah terus ngotot untuk dibonceng dan gag bisa dibujuk – bujuk lagi. “Keras sekali pendirianmu, Nak”, pikirku.

Kupikir urusan telah selesai, tapi jam istrahat yang belum kelar membuatku harus melakukan ini. Aisyah minta dianterin jajan. Dia gag mau beli sendiri dan terus narik – narik tanganku. Okelah, kuturuti lagi. Tapi ada perasaan gag enak sama senior dan adik – adik lain, termasuk Uswah yang juga deket sama aku sejak perdana ngajar. Abis beli, kugoda dia dengan nimta jajannya.Eh, taunya dia ngambek, lari ke kelas dan nangis. Waduwh, matilah aku. Hari ini buat seorang anak nangis. Aku coba bujuk biar gag marah, tapi malah tambah kenceng. Yaudah aku nyerah trus kutinggal. Tambah parah aja aku dilemparin makanan. Aduuh Ibuuk apa yang harus aku lakuin. Kata senior, “Biari aja”. Yaudah aku pergidan gabung sama anak – anak lain.Pas dia berhenti nangis,dia juga gabung ma temen – temenny dan kupikir dia nyeritain kenapa dia nangis soalnya temennya pada ngeliatin aku satu per satu. Tambah rumit aja ni masalah, sama anak kecil lagi. Biarin aja ah mereka. Hufh.

Selanjutnya Bi’ah ( Bina Qur'aniyah), kegiatan baca tulis Al Qur’an. Dari sini aku dapet satu cerita tentang Uswah dari temen seangkatan yang baru masuk Birena juga. Awalnya dia nanya, “Uswah kalau di rumah ngaji di luar ga?”. Gadis lembut itu bilang, “Gag Kak, di rumah aja”. ”Diajarin siapa?”. “ Sama ayah, dulu sama ibuk, tapi sekarang ibuk udah gag ada”, kata Uswah dengan senyum manisnya. Ya Allah aku terharu denger ini. Betapa kuat anak itu ngejalanin hidup. Pengorbanan kami ngajar dari pagi sampe sore belum seberapa dengan apa yang mereka lakuin buat nuntut ilmu, bahkan rumah mereka lebih jauh daripada tempat tinggal kami.

Abis itu kami sharing soal Aisyah, temanku bilang apa yang dia tau dari senior kalau Aisyah dan kakaknya emang kaya gitu. Kayaknya mereka dari keluarga kaya yang biasa dimanja. Bahkan ada cerita kalau dulu saat semua disuruh berkelompok buat nulis sifat buruk temennya, Citra dapet daftar catatan buruk terbanyak. Gag disangka, kertas itu dirobek trus ia pergi sambil nangis. Hemm, aku makin ngerti dengan karakter anak, tapi belum dapet solusi.

Tiba sesi games, aku belum damai sama Aisyah yang imut dan manja. Dia melototin aku terus, tapi aku kasih dia senyum manisku(hehe), dia malah keliatan sebel.hihi. Di sesi berikutnya, yaitu kreativitas, para adik diajarin buat name tag . Aisyah tampak kerepotan, akhirnya aku deketin aja dengan niat mau bantu. Anehnya, ni anak gag luluh juga. Aku terus dibentak. Kebetulan kelompok Uswah ada di deketku, aku ikut kesitu bareng temenku yang cerita tadi. Di sini aku ngrasa sikap Uswah ke aku yang gag kayak biasanya. Dia agak galak sama aku dan lebih manja – manja ke temenku. Aku jadi ngrasa bersalah. Hummm. Pas kami butuh gunting, aku coba pinjam ke Aisyah, tapi gag boleh. Yaudah aku biarin aja. Beberapa detik kemudiaaaan, tiba – tiba Aisyah nyenggol aku trus nglempar gunting. Dia bilang, “Nih, tapi gag boleh galak – galak lagi”. Ckck anak ini, aku iyakan aja kata – katanya dan akhirnya aku bantuin dia. Dan damailah kami. Ckiki.

Selesailah serangkaian acara buat adik – adik. Bimbingan remaja (SMP SMA) dilanjutin sampe sore oleh pengampu. Sementara yang lain evaluasi. Di sini kembali Aisyah menjadi icon. Kata senior kalau ada anak yang nangis dibiarin aja trus buat para pengajar harus punya aturan tegas. Kalau ada adik yang nangis dibiarin aja soalnya kalau dideketin malah tambah nangis.Dan satu hal lagi yang penting, Aisyah emang gitu sifatnya jadi kita sebagai pengajar jangan sampai bersikap terlalu baik atau pun terlalu tidak baik kepada adik.

Itulah kisah dua adik yang lucu. Banyak hikmah yang bisa diambil dari sini. Silahkan temukan sendiri. Diminta juga solusi – solusi dari temen – temen untuk adik – adik di atas. Mungkin masih banyak karakter lain, tapi belum terlalu kelihatan karena aku elum akrab ma mereka,hehe. Dan buat pemberitahuan, buat temen – temen yang mau menjadi donator, baik tetap maupun tidak tetap untuk pembinaan adik – adik bisa hubungi aku. Dalam hadits disebutkan bahwa, “ Aku dan pengasuh anak yatim (kelak) seperti dua jari ini (Rasulullah menunjuk jari telunjuk dan tengah dan merapatkan keduanya) di surga nanti” (HR. Bukhari).

Bogor, 2 Maret 2010
Asrama TPB IPB Gedung A3 No. 351


*nb : belakangan ini aku tahu Uswah itu punya seorang Ibu, tapi aku tidak tahu mana yang benar, cerita temanku atau sebaliknya.

3 komentar: